Banyak pemberitaan mengenai analisa harga minyak dunia yang menyatakan harga saat ini akan bertahan selama beberapa tahun kedepan. Menurut analasi beberapa pakar tersebut, ini berdampak karena beberapa faktor yang berkaitan dengan beberapa isu tentang situasi politik, teknologi yang berkembang, perekonomian pasar dunia yang sedang lesu.

Harga minyak rata rata saat ini berada dikisaran USD40 sampai USD50 per barrel dan beberapa harga pasaran lainnya tergantung dari jenis minyak itu sendiri. Penurunan harga ini dimulai di satu tahun terakhir dan sangat berdampak besar dalam perekonomian di negara yang memiliki cadangan minyak yang cukup besar seperti di Indonesia.

Dengan harga USD50/Barrel yang mana 1 Barrel kurang lebih sama dengan 158 Liter. Apabila dibandingkan dengan harga air mineral kemasan yang rata rata memiliki harga jual dipasaran berada dikisaran IDR6000/Liter, maka akan sangat terlihat kemiripan harga penjualan di pasaran antara minyak dan air kemasan.

Untuk mengelola cadangan minyak yang ada di perut bumi, perusahaan minyak membutuhkan dana besar untuk investasi. Dana tersebut akan sangat besar bisa tergantung dengan resiko yang mungkin saja terjadi sesuai study awal yang dilakukan, semakin besar kemungkinan resiko yang dapat terjadi, maka semakin besar biaya yang dibutuhkan sebagai investasi untuk mengelola cadangan minyak.

Sementara itu dalam proses pembuatan air mineral juga diperlukan investasi yang mana akan cukup besar di akuisisi lahan yang banyak di daerah yang memiliki sumber mata air. Pemilihan sumber mata air yang baik memang diperlukan berbagai macam tahapan studi kelayakan sampai diperoleh suatu daerah untuk investasi pembuatan air mineral. Banyak daerah di Indonesia yang sudah dijadikan sumber mata air oleh perusahaan air mineral. Dari studi itu sendiri bisa bekerjasama dengan perguruan tinggi dan institusi yang bergerak dibidang tersebut.

Keberlangsungan perusahaan air minum ini sendiri memang tergantung dari pasokan dari mata air yang sekiranya dapat di perbanyak hasilnya.

-Penulis-